6 Tips beli Kurma Bagus - Agar Anda Tidak Salah Pilih!



TIPS MEMBELI KURMA DAN JENIS-JENIS KURMA

Kurma merupakan buah yang identik dengan bulan Ramadha, Makkah, Madinah, Haji dan Umroh. Tentunya banyak orang yang berbondong-bondong untuk membeli kurma yang beredar di pasaran. Sayang nya, tidak semua kurma yang di jual di pasaran bisa di pastikan memiliki kualitas bagus. Karena ada juga kurma yang masih kurang terjaga kebersihannya. 
Kurma-kurma yang di jual di Indonesia terdiri dari beragam jenis, kurma-kurma tersebut di impor sebagian besar berasal dari timur tengah. 

Dan agar anda tidak salah beli, yuk!  lihat tips membeli kurma dan jenis-jenis nya

A. TIPS MEMBELI KURMA

(1) Tidak Lengket Dan Alot

Kurma yang sudah dikeringkan biasanya memang sedikit basah karena cairan gulanya mengalir keluar, tetapi permukaan kurma tidak akan menjadi lengket atau keras. 

(2) Kulit Masih Bagus

Kurma yang Bagus bisa dibedakan dari permukaan kulitnya yang tidak rusak atau pecah. Warna masing-masing kurma pun sama. 

(3) Kulit Ari Masih Mulus 

Pilihlah kurma yang memiliki kulit ari yang mulus, tidak berlubang dan tidak pecah-pecah, kalau anda menemukan buah kurma yang kulit arinya sudah pecah, di pastikan bahwa kurma tersebut sudah sering di sentuh orang. 

(4) Kemasan Rapat

Pastikan anda selalu memilih kurma yang di jual dengan kemasan rapat. Kurma yang di jual secara terbuka kemungkinan sudah terpapar kuman dan debu. 

(5) Tanggal Kadaluarsa 

Kurma yang di kemas dengan baikpun belum tentu berkualitas baik pula. Periksa tanggal kadaluarsanya. 

(6) Pilih Yang Masih Menempel Di Batang

Kurma yang berkualitas adalah kurma yang masih menempel pada ranting atau batang, karena keadaan tersebut akan membuat kurma memiliki kenikmatan yang alami serta rasa yang manis. 

Ini Dia Jenis-jenis Kurma Yang harus Anda Ketahui!

(1) Kurma Anbara

Kurma jenis ini adalah kurma Madinah Al-Munawwarah, kurma ini harga nya mahal dengan bentuk kerucut dan panjang, warnanya sedikit kemerahan dan dagingnya lunak. 

(2) Kurma Thoory

Kurma yang sangat populer di Al-Jazair, buah kurma Thoory biasanya kering dengan warna merah kecoklatan, ketika di awetkan warnanya berubah menjadi kebiru-biruan, kulitnya pun sangat keriput, daging buahnya sedikit keras namun rasanya manis. 

(3) Kurma Khidri

Kurma ini memiliki warna maroon gelap, namun teksturnya lebih kering dan kenyal. Jenis kurma ini paling sering digunakan untuk bahan dasar makanan olahan dari kurma seperti kurma isi Almond dan lain-lain. 

(4) Kurma Barhi

Kurma jenis ini mudah di temukan, tidak hanya saat bulan puasa saja, namun di hari-hari biasa pun banyak yang menjual jenis kurma ini. Warna nya cenderung coklat dan rasanya manis seperti karamel. 

(5) Kurma Halawi

Di sebut juga sebagai kurma Holwah yang berarti manis dalam bahasa Arab. Kurma Halawi memiliki rasa yang sangat manis jika di bandingkan dengan kurma lainnya. 

(6) Kurma Sekkeri

Jenis kurma yang berwarna coklat gelap dengan daging buah yang sangat lembut dan rasa manis yang sangat khas. 

(7) Kurma Saidy

Kurma yang populer di Libya ini memiliki tekstur dan bentuk yang hampir sama dengan kurma Sekkeri. 

(8) Kurma Ajwa

Kurma ini hanya bisa tumbuh di kota Madinah. Kurma Ajwa ini menjadi kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Sedangkan Citra rasanya tidak terlalu manis mirip seperti kismis. 

(9) Kurma Kholas

Buah kurma jenis ini cukup terkenal di Arab Saudi. bentuk nya mirip dengan kurma Barhi  yang warna nya coklat. Sedangkan rasanya tidak terlalu manis mirip dengan karamel ketika sdah matang. 

(10) Kurma Maktoom

Kurma jenis ini bentuknya agak besar dan warnanya merah agak kecoklatan. Kulit nya tebal dengan rasa yang manis dan daging yang lembut


Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Pengertian Tentang Haji Qiran Dan Haji Tamattu' - 2018

2 Macam Miqat Yang Wajib Diketahui

Sekilas Kota Karawang